• Twitter
  • Facebook
  • Google+
  • LinkedIn
  • Flickr
  • Vimeo
  • YouTube
  • RSS
Please select your page
Sabtu, 22 Juli 2017 08:57

Tiga Kata Wajib Nan Ajaib

Written by 
Rate this item
(0 votes)

TIGA KATA WAJIB NAN AJAIB

Ayah bunda, dalam setiap kesuksesan pasti memerlukan trik dan tips praktis. Dengan tujuan mempersingkat masa kesuksesan tersebut. Dalam mendidik anakpun demikian. Ada 3 kata yang sederhana yang ampuh dalam mendidik anak sehingga mempercepat keberhasilan dalam mendidik anak. Apa saja 3 kata itu? Yuk kita pelajari.

TERIMAKASIH
Sering-seringlah mengucapkan kata terimakasih kepada pasangan, anak, eyang, saudara, tetangga, pelayan restoran, tukang sampah dan kepada siapapun yang memberikan manfaat baik kepada kita. Anak otomatis akan melihat dan kemudian menirukan. Dengan sering mengucapkan kata terimakasih maka kita mengajarkan kepada anak untuk menjadi manusia yang menghargai sesama. Biasakan juga ucapan ini di rumah. Ajarkan anak selalu mengucapkan terimakasih kepada kakak atau adik. Insyaallah anak-anak akan menjadi manusia yang pandai menghargai oranglain dan menjadi manusia yang selalu bersyukur.

MAAF
Mengucapkan kata maaf harus diajarkan sejak dini. Manusia tidak ada yang sempurna. Pasti pernah melakukan kesalahan baik yang disengaja atau tidak. Kita sebagai orangtua juga harus minta maaf kepada anak jika memang bersalah. Dengan mengajarkan kata maaf anak akan belajar menjadi manusia yang tawaduk, rendah hati dan mengakui kelemahan diri. Tidak menjadi manusia sombong yang mencari kambing hitam jika dia melakukan kesalahan. Minta maaf yang disertai mengulurkan tangan akan menjadikan anak berani bertanggungjawab dari perbuatannya.

TOLONG
Sebagai makhluk sosial kita pasti memerlukan bantuan oranglain. Maka ajarkan anak untuk selalu mengatakan kata ' tolong' untuk meminta bantuan oranglain. Sebagai awal, lagi-lagi kitalah yang memberi contoh. Jika kita meminta anak melakukan sesuatu maka katakan lebih dulu ' tolong dik...tolong kak'. Insyaallah anak akan berganti menirukan dan mengucapkan kata tolong kepada siapapun yang dimintai bantuan, sekecil apapun. Efeknya orang yang dmintai bantuanpun akan dengan senang hati melakukan karena dimintai bantuan. Bukan disuruh.

Ayah bunda, mari jadikan anak- anak kita menjadi manusia yang berakhlaq mulia. Dengan sering mengucapkan kata terimakasih, maaf dan tolong insyaallah mereka akan tumbuh menjadi manusia yang kuat mental dan ruhiyahnya.

Kepala Sekolah SDII Al Abidin :
Bunda Farida

 

 

 

 

Read 354 times Last modified on Sabtu, 29 Juli 2017 08:09

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.