Satu di antara enam orang yang terpilih sebagai delegasi Solo di ajang Olimpiade sains nasional (OSN) yang akan maju ke tingkat Provinsi Jawa Tengah adalah Maulana Abdul Azis, siswa kelas V Al Jauzi SDII Al Abidin Surakarta. Sebelumnya, seperti diberitakan Koran digital Solopos edisi 17 Maret 2013, keenam siswa itu berhasil menyingkirkan puluhan pesaingnya dalam OSN tingkat Kota Solo pada mata uji Matematika dan IPA yang digelar di SD Mojo 1, 2 dan 3 Pasar Kliwon, Sabtu (16/3/2013).

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Dikdas) dan Anak Usia Dini (AUD) Disdikpora Kota Solo, Supraptiningsih, di lokasi  yang sama mengungkapkan pada OSN tingkat Kota, masing-masing kecamatan mengirimkan delapan siswa untuk mata uji Matematika dan delapan siswa pada mata uji IPA.

Ia menambahkan tahun sebelumnya, dua siswa dari Kota Solo berhasil maju pada OSN tingkat Internasional di Korea Selatan.  “Salah satu siswa itu mendapatkan medali perak, sedangkan satu siswa yang lain belum beruntung [tidak menang],” jelasnya.

Meski demikian, dia tidak menargetkan kepada enam siswa yang menjadi wakil Kota Solo tahun ini. Semangat dalam mengikuti lomba, menurutnya, lebih penting daripada membebani siswa dengan capaian prestasi yang harus diraih.