Sekitar 90 siswa kelas XI SMA ABBS duduk rapi membentuk barisan yang rapi di aula sekolah setempat pada Jum’at (21/11). Didepan aula berdiri dua orang mahasiswa asing dari China dan Madagaskar yang sedang menuntut ilmu di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Hari itu, International Office UNS sengaja mendatangkan kedua mahasiswa tersebut untuk berbagi tentang pengalaman mereka selama belajar di Indonesia.

Raut wajah siswa menunjukkan antusiasme, walaupun mereka baru saja berkenalan. Mahasiswa asal Madagaskar, Jean Jacques dan Mahasiswa asal China, Cherry pun tampak tak segan untuk menjawab setiap pertanyaan yang dilontarkan oleh siswa SMA ABBS.

Humas SMA ABBS, Imam Samodra, mengatakan kendati bertujuan untuk berbagi tentang pengalaman mahasiswa asing selama belajar di Indonesia, namun acara tersebut di bungkus dengan story telling, review materi bahasa dan character building.

“Kami mencoba mengajarkan kepada para siswa untuk tampil percaya diri dan berani berkomunikasi dengan native. Karena bahasa adalah kebiasaan, sehingga kami mendorong mereka lebih aktif untuk berbahasa inggris dengan program English Day dan mendatangkan native,” kata dia, saat dijumpai wartawan di sela acara, Jum’at (21/11).

Salah satu siswa yang mengikuti acara tersebut, Imesh, mengatakan bahawa, “Saya sangat termotivasi dengan acara ini. Keinginan saya untuk belajar ke Luar Negeri semakin kuat. Dan saya semakin memahami bahwa perbedaan bahasa, budaya dan warna kulit bukanlah sebuah halangan untuk menuntu ilmu lebih tinggi.”