Keberagaman Adalah Anugerah
.
Allah menciptkan manusia bersuku-suku dan berbangsa-bangsa agar kita bisa saling mengenal, belajar dan menghargai satu sama lain. Keberagaman menjadi sesuatu yang indah jika kita racik dalam komposisi yang adil dan tepat. 
.
Sebagai contoh makanan. Disebut makanan yang nikmat karena di dalamnya terdapat proses yang mencampurkan berbagai macam bahan dalam komposisi dan takaran yang tepat. Setiap bahan rela saling melengkapi untuk menghasilkan bumbu-bumbu yang lezat. Ada yang hanya menjadi manis sedangkan yang lain rela menjadi asin, pahit, gurih dan pedas.
.
Keberagaman adalah anugerah yang luar biasa. Manusia sebagai insan yang sangat beragam membutuhkan interaksi saling memahami dan memberi manfaat satu sama lain agar kehidupan berlangsung dengan baik. 
.
Kita bersyukur punya Indonesia. Negara kepulauan yang berjajar sambung menyambung menjadi satu. Di sini hidup beragam suku, bahasa dan kebiasaan yang saling melengkapi dan memperkaya khasanah Bangsa Indonesia. 
.
Hadirnya Yayasan Al Abidin semakin mempertegas bahwa keberagaman itu adalah hal yang niscaya dan baik. Siswa yang tersebar dari Palembang hingga Merauke, dari Parigi sampai pulau Bali semakin membuat kita yakin bahwa Bangsa Indonesia punya banyak potensi. Bahkan, beberapa siswa dari beberapa negera seberang (luar negeri) menimba ilmu di sini. Kita di sini diikat menjadi satu, yaitu keadaban dan wawasan kebangsaan. 
.
InsyaAllah akan lahir di Indonesia orang-orang besar, para pemimpin, tehnokrat dan para penyebar kebaikan dari sekolah-sekolah di Yayasan Al Abidin.