SMA ABBS (Al Abidin Bilingual Boarding School) menerapkan metode pembelajaran modern yang didesain khusus bagi anak-anak yang dipersiapkan memenangkan kompetisi berskala nasional dan internasional. Selain itu, SMA ABBS menyiapkan siswa untuk masuk ke perguruan tinggi luar negeri dan dalam negeri  favorit.   Untuk mendukung hal tersebut, SMA ABBS bekerja sama dengan NTU (Nanyang Technological University) Singapura melalui bimbingan belajar masuk perguruan tinggi luar negeri. SMA ABBS juga menerapkan pembelajaran dengan menggunakan Bahasa Inggris secara penuh atau biasa disebut Full English Learning  kecuali pada mata pelajaran tertentu yakni Bahasa Indonesia, Kewarganegaraan, Bahasa Arab, dan Pendidikan Agama Islam. 

Sesuai dengan visi SMA ABBS yakni Mewujudkan generasi yang cemerlang dalam karya serta unggul dalam bahasa dan agama, SMA ABBS berupaya menyelenggarakan pembelajaran yang membangun Kecerdasan Intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), dan kecerdasan spiritual (SQ). 

Kurikulum SMA ABBS mengacu pada:

1. Kurikulum nasional yang diperkaya dengan pendekatan dan isi yag sesuai dengan pijakan filosofi, visi, misi, dan tujuan pendidikan Islam.

2. Mengacu kurikulum internasional dari negara-negara maju yang tergabung dalam Organization for Economic Corporation and Development (OECD) sebagaimana sekolah bertaraf internasioanal seperti Finlandia,yang menjadi acuan negara dengan kualitas pendidikan yang sangat maju.