TIDAK ada satu pun zat yang mampu mempermudah urusan kita kecuali Allah. Jika kesadaran itu telah tumbuh dalam hati seorang muslim, seharusnya ia tidak bisa lagi dilanda bimbang dan sedih dalam perjalanan hidupnya. Sebesar apapun masalah yang sedang dihadapi, ia tetap dengan tenang menghadapi masalah itu sambil berkata tegas, “Bagi Allah, tidak ada yang sulit.”

Ketika begitu banyak manusia yang frustasi karena permasalahan hidup yang makin kompleks, seorang muslim yang percaya pada Kuasa Allah tetap rileks dalam menyelesaikan masalah hidupnya setahap demi setahap.

Di saat begitu banyak orang yang putus asa karena merasa beban hidupnya sudah terlampau berat, seorang muslim yang percaya pada ‘kun fa yakun’ nya Allah akan senantiasa tenang dalam menghadapi beban-beban berat dalam hidupnya.

Alangkah tenangnya hidup kita ketika yakin bahwa Allah selalu bersama kita. Allah tidak akan membiarkan hamba-hamba-Nya yang beriman hidup sengsara di dunia ini. Allah tidak mungkin memberikan beban atau masalah di atas kemampuan dan kapasitas makhluknya.

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” (QS. Al-Baqarah: 286)