alt                      

Pada tanggal 2 Mei 2013, tepatnya hari Kamis, seminggu yang lalu.  Kepala Sekolah (Mrs. Farida Nur Aini) beserta guru-guru SMA Al-Abidin Bilingual Boarding School (ABBS) (Ms. Dee, Ms. Tia, Ms. Wochi, Ms. Oliph, Ms. Niniz dan Mr. Agung) berkunjung keSingapore Piaget Academy (SPA), Solo Raya yang berlokasi di Jl. Jlopo No.20, Solo Baru, Sukoharjo, jawa Tengah. Rombongan SMA ABBS disambut hangat oleh Principal (Kepala Sekolah) SPA, Mr. Uday dan Mr. Izzam selaku Vice Principal (Wakil Kepala Sekolah).

Bertempat di lantai 3 Gedung SPA, tepatnya di Ruang Kepala Sekolah, Segenap Guru dan juga Kepala Sekolah ABBS mengadakan tanya jawab dengan Mr. Uday didampingi oleh Mr. Izzam. Acara tanya jawab dimulai pada pukul 10.00 hingga berakhir pada pukul 11.15. pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan meliputi pertanyaan akademik dan non akademik. Kemudian acara dilanjutkan dengan  tur keliling SPA masih didampingi oleh Mr. Uday dan Mr. Izzam. Tur dimulai pada pukul 11.20 dan berakhir pada pukul 13.00. Tur dimulai di lantai 3 dan diakhiri di lantai dasar.

Hal menarik yang kami jumpai disana antara lain, bahwasannya SPA selain Sekolah bertaraf Internasional (menggunakan kurikulum Kementerian Pendidikan Singapura) juga tetap melaksanakan Ujian Nasional seperti yang dicanangkan oleh Kementerian pendidikan Indonesia, Menurut Mr. Izzam, pelaksanaan UN adalah sebagai syarat berdirinya sebuah lembaga pendidikan di Indonesia. Masih menurut Mr. Izzam, meskipun SPA adalah sekolah Internasional mereka masih memegang teguh dan menjunjung tinggi nilai-nilai tradisional (dalam hal ini adalah nilai-nilai budaya Jawa, mengingat lokasi sekolah mereka masuk dalam karesidenan Surakarta).

Setelah tur berakhir, rombongan ABBS berpisah dengan Mr. Uday dan Mr. Izzam, di lobby SPA. Mereka membuka lebar peluang kerjasama SPA dan ABBS. Kami semua sangat bersyukur, karena sekolah bertaraf Internasional seperti SPA (siswa/i nya banyak yang berasal dari etnis serta lintas negara yang berbeda) menerima ABBS dengan tangan terbuka. Semoga kedepannya hubungan baik ini akan tetap terjaga.

Many thanks to Mr. Uday and Mr. Izzam of Singapore Piaget Academy Solo Raya!