“Hai, orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.” (Q.S Al Baqarah : 183)
Gempita umat Islam dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan terasa di semua tempat. Tidak terkecuali di SDII Al Abidin. Sebagai salah satu sekolah Islam, selalu ada yang berbeda dengan hari-hari biasa di luar bulan Ramadhan. Jika pada hari biasa, pelajaran diakhiri pada pukul 14.00 WIB untuk kelas 1, 2, dan pukul 15.30 WIB untuk kelas 3 sampai 6, pada bulan Ramadhan, pelajaran berakhir pada pukul 12.30 WIB untuk semua kelas (kelas 1 sampai kelas 6). Setelahnya adalah waktu untuk pembinaan ruhiyah para guru yang telah terjadwal dengan rapi diantaranya tausiyah dari rekan guru secara bergantian, tausiyah dan pengajian dari pembicara luar sekolah, serta tahsin yang didampingi oleh ustadz/ustadzah pengajar Al Qur’an.

Dalam rangka melatih siswa kelas 1 dan 2 untuk berlatih puasa, dari bidang kesiswaan memprogramkan puasa setengah hari (berbuka pada waktu dzuhur) dengan cara meniadakan snack dan catering bagi para siswa sehingga siswa yang akan berbuka di sekolah dianjurkan untuk membawa bekal makanan dari rumah. Meskipun demikian, pihak kesiswaan mempersilahkan bagi siswa yang memang sudah dilatih puasa satu hari penuh oleh pihak keluarga untuk tidak membawa bekal sepanjang sudah ada komunikasi diantara orang tua dengan anak dan guru. Sedangkan untuk kelas 3 sampai 6, dari sekolah menganjurkan untuk berpuasa satu hari penuh sehingga mulai kelas 3 tidak diperkenankan membawa bekal makanan dari rumah.
Beberapa program telah disiapkan oleh panitia Ramadhan SDII Al Abidin Surakarta di bawah bimbingan kesiswaan untuk menyemarakkan bulan Ramadhan tahun ini. Agenda-agenda tersebut adalah sebagai berikut :
•    Kegiatan di bulan Ramadhan diawali dengan Pawai Ramadhan yang telah dilaksanakan pada hari Ahad, 15 Juli 2012. Acara ini dilaksanakan secara serentak oleh 3 unit pendidikan yang ada di bawah Yayasan Islam Al Abidin Surakarta yaitu TKII, SDII, dan SMPI Al Abidin dengan bentuk kegiatan jalan sehat bersama di Car Free Day Slamet Riyadi Surakarta. Tausiyah dan motivasi untuk kesiapan menjalankan puasa Ramadhan dari Ustadz Farkhan dan Ms Farida menjadi acara utama dalam pawai Ramadhan kali ini. Selain itu, acara ini juga menjadi sarana untuk membagikan jadwal imsakiyah kepada masyarakat Surakarta.
•    Pembekalan Ramadhan yang telah terlaksana di aula SDII Al Abidin Surakarta pada hari Kamis, 19 Juli 2012 diikuti oleh siswa dari kelas 4 sampai 6. Dalam acara ini, siswa diajak untuk membuat target-target seperti puasa satu hari penuh selama satu bulan, sholat tarowih, dan membaca Al Qur’an.
•    Pengumpulan beras, minyak, gula untuk kegiatan bakti sosial (baksos) serta zakat, infaq, dan shodaqoh (ziswaf). Pengumpulan baksos dan ziswaf mulai tanggal 25 Juli sampai dengan 4 Agustus 2012. Sasaran dari kegiatan bakti sosial adalah masyarakat di sekitar lingkungan SDII Al Abidin yang pendistribusiannya akan dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan bazar di TII Al Abidin. Sedangkan untuk zakat fitrah akan didistribusikan melalui masjid-masjid terdekat. Khusus untuk infaq, shodaqoh, dan wakaf akan dikelola oleh Laziz Al Abidin Surakarta.
•    Ifthor (buka puasa bersama). Kegiatan ini diagendakan pada hari Rabu, 8 Agustus 2012 yang bertempat di aula SDII Al Abidin. Ifthor ini akan diikuti oleh guru dan karyawan beserta keluarga, perwakilan komite, pengurus Yayasan Islam Al Abidin, serta perwakilan dari masyarakat sekitar (kepala RT dan RW).
•    Pembuatan kartu lebaran oleh para siswa yang akan dikoordinasikan oleh wali kelas dan pendamping. Kartu lebaran ini nantinya akan dikirimkan ke orang tua masing-masing melalui pos. Kartu lebaran akan dibuat di sekolah dengan mengambil waktu yang telah disediakan oleh pihak kurikulum.
•    Pesantren kilat yang akan dilaksanakan secara bergantian ini diikuti oleh seluruh siswa mulai dari kelas 3 sampai dengan kelas 6. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kemandirian anak dengan menginap satu malam di sekolah. Acara ini diisi dengan pengajian, tadarus Al Qur’an, games, buka puasa dan sahur bersama, sholat tarowih berjamaah, dan renungan malam.
Kelas 4 mendapat giliran pertama yaitu tanggal 27 – 28 Juli 2012.
Kelas 3 melaksanakan pesantren kilat pada tanggal 3 – 4 Agustus 2012.
Kelas 6 menyusul pada tanggal 7 – 8 Agustus 2012.
Kelas 5 menjadi kelas terakhir yang mengadakan pesantren kilat yaitu pada tanggal 10 – 11 Agustus 2012.
Adanya beberapa agenda ini diharapkan menjadi penyemangat baik baik guru, karyawan maupun siswa dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan kali ini dengan harapan puasa tahun ini lebih baik dari tahun kemarin sehingga bisa mencapai predikat taqwa seperti yang telah Alloh SWT firmankan dalam kitabNya, Al Qur’an yang mulia.