Ajang kompetisi  yang digelar oleh Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JIST), Rabu-Kamis (14-15/09) di Asrama Haji Donohudan dalam tajuk “Olimpiade Mata Pelajaran” membawa kebahagiaan bagi seluruh keluarga besar SDII Al Abidin Surakarta. Pasalnya, dalam kompetisi tersebut, delegasi dari sekolah berhasil menyabet Juara Umum II.
Mata pelajaran yang dilombakan adalah pildacil, edu game (komputer), Matematika level 1 dan level 2, IPA level 1 dan level 2, penulisan cerpen, Pendidikan Agama Islam, Seni Budaya dan Ketrampilan (SBK), Bahasa Inggris, dan tahfidz. Dari sekian cabang mata perlombaan, wakil dari SDII Al Abidin memenangkan beberapa kategori yaitu IPA level 1 yang diwakili oleh Ananda Fatah Muyassar (Kelas V Salman) sebagai juara II, lomba penulisan cerpen Bahasa Indonesia sebagai juara I yang diraih oleh Ananda Yuniar  (kelas VI Asma), juara III cabang Pendidikan Agama Islam (PAI) oleh Ananda  Imah (kelas VI Asma), dan Ananda Kevin (kelasV Amar.) yang berhasil meraih juara II.
Bagi siswa yang didelegasikan, perlombaan ini merupakan sebuah pengalaman yang sangat berharga. Bisa bertemu dengan teman dari berbagai sekolah dan berbagai daerah serta menambah wacana keilmuwan dengan menghadapi soal-soal yang disajikan. Tingkat kesulitan soal yang beragam dan banyaknya peserta lomba, serta soal yang diformat dalam kegiatan praktek  membutuhkan konsentrasi tinggi dan mental juara. Tetapi semua itu bisa dilalui oleh siswa-siswi wakil dari SDII Al Abidin sehingga dapat mempersembahkan prestasi yang membanggakan.
Satu hal yang menarik dari lomba penulisan cerpen Bahasa Indonesia adalah pemenang I mendapatkan kesempatan kontrak dengan Percetakan dan Penerbit INDIVA untuk menerbitkan karyanya. Subhanalloh…..sebuah kesempatan emas untuk siswa (khususnya Ananda Yuniar) membukukan hasil goresan penanya agar bisa dibaca oleh khalayak umum.