Workshop Bahasa Jawa

Bahasa merupakan salah satu sarana efektif untuk berkomunikasi dan bersosialisasi dengan masyarakat. Di lingkup masyarakat jawa sendiri, terdapat dua bahasa yang sering digunakan yaitu bahasa Indonesia dan bahasa jawa. Dalam perkembangannya kedua bahasa tersebut telah melekat dan banyak digunakan dalam berbagai acara.

Dalam dunia pendidikan, bahasa Indonesia dan bahasa Jawa banyak mengambil peranan penting dalam menumbuhkan kemampuan anak dalam memahami  serta menggunakan bahasa itu sendiri. Hal ini tercermin pada percakapan sehari-hari, baik di dalam kelas maupun di luar kelas.

Oleh sebab itu, melalui bulan bahasa 2010 ini, tim MGMP Bahasa Jawa SDII Al Abidin mengadakan workshop bahasa Jawa pada hari Sabtu(30/10) pukul 10.30-12.00 WIB di lingkungan sekolah setempat . Acara yang diikuti oleh sekitar 50 guru ini bertujuan untuk melestarikan bahasa Jawa dengan kaidah yang benar. Melalui kegiatan yang menghadirkan pemateri yaitu Drs.Imam Sutarjo (dosen Sastra  FSSR UNS), diharapkan bisa menumbuhkan semangat santun bahasa jawa dalam kehidupan sehari-hari bagi siswa dan bisa mempraktekan pemakaian bahasa jawa dalam proses KBM bahasa Jawa bagi guru.
Kegiatan yang baru pertama dilaksanakan ini akan bertambah meriah karena nuansa acara bertemakan budaya Jawa seperti busana beskap yang dikenakan para panitianya, musik jawa, dan peserta yang seluruhnya menggunakan baju batik.